Minggu, 25 Desember 2011

Angan cs Mimpi cs Cita vs Doa

# pengin go abroad
esok nanti pengin ke Jepang dan Mesir :D....dan berdoa smga disampaikan ditanah suci Mekah dan Madinah..Amin

dengan kemampuan bahasa jepang yang belum pernh belajar dan bahasa Arab yang belum juga belajar..
dan bahasa inggris yang pas-pasan  aj...



 Dalam sebuah hadis sohih Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasalam- pernah menyinggung tentang angan-angan yg Artinya: “Dunia ini di huni oleh empat jenis hamba:
(pertama), hamba yang Allah ta’ala anugerahi harta dan ilmu sehingga keduanya menjadi perantara dia untuk bertakwa kepada Allah ta’ala, menyambung tali silaturahmi, dan dia mengetahui hak-hak Allah ta’ala. Inilah sebaik-baik golongan.
(Kedua), hamba yang Allah ta’ala anugerahi ilmu namun tidak dianugrahi harta, maka dia berangan-angan: “andaisaja aku punya harta tentu aku akan beramal seperti amalanya si fulan (yakni golongan yang pertama)”. Golongan ini pahalanya sama dengan yang pertama.
(Ketiga), hamba yang Allah ta’ala anugerahi harta namun tidak dianugerahi ilmu, maka dia belanjakan hartanya itu seenaknya tanpa ilmu, dia tidak menggunakannya untuk bertakwa kepada Allah ta’ala, tidak juga untuk menyambung tali silaturahmi, dan bahkan dia sama sekali tidak tahu hak-hak Allah ta’ala. Inilah seburuk-buruk golongan.
(Keempat), hamba yang tidak dianugerahi harta dan tidak pula dianugrahi ilmu, maka dia berangan-angan: “andaisaja aku punya harta tentu aku akan berfoya-foya seperti si fulan (yakni golongan yang ketiga)”. Golongan ini dosanya sama dengan yang ke tiga”.

(HR. Ahmad dan Tirmidzi, disahihkan oleh Al-Albani)

Bantu definisikan angan, mimpi, cita dan berujung pada doa yang pastinya Allah akan mengabulkan doa hambaNya yang beriman ya...

3 komentar:

Menanti Aurora mengatakan...

Assalamu`alaykum wr wb.

Numpang main, Sih. Bagus ya tulisannya ^_^ mungkin maksudnya, sebelum berangan-angan, kita harus tahu dulu dan harus berilmu dulu. Karena angan-angan itu lebih cenderung kepada trend dan gaya hidup ikut2an. Met berangan-angan, Asih. Karena saya yakin, angan2nya adalah angan2 kebaikan. dan semoga allah menjadikannya sebuah kenyataan..

puch mengatakan...

ah, blowalking hari ini aku selalu bertemu dengan kata mimpi, go abroad, belajar di luar negeri, menuntut ilmu

apa lagi yang hendak Allah tunjukkan untukku?

rupanya Dia hendak menegurku, bersegeralah Puch. Move!

hehehe...mampir ya mbak Asih ^^

wiwidia mengatakan...

@menanti aurora
waalaikumsalamwrwb

ya karena angan angan itu berujung kebaikan yang terbalur dalam panjatan doa kepada Sang Pemilik Harap dan Allah yakinkan untuk terus berdoalah kepadaNy ....maka Dia pasti kan mengabulkanya

dan proses memilih angan menjadi doa maka dibutuhkan ilmu...gitu ya pa?
@ puch
bersegeralah pula wiwidia...dan terus menyiapkan perbekalan...